Rabu, 29 Agustus 2012

Cara Membangun DHCP Server di Ubuntu Server

Cara Membangun DHCP Server di Ubuntu Server - DHCP Singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol, merupakan protokol yang menangani pemberian IP address beserta atribut-atribut lainnya ke komputer klien secara otomatis. DHCP server merupakan solusi manajemen ip address di jaringan besar.
  1. Install paket dhcp3
    # apt-get install dhcp3-server
    On what network interfaces should the DHCP server listen? eth0
    Please configure the DHCP server as soon as the installation finishes. enter
    The version 3 DHCP server is now non-authoritative by default enter

    Generating /etc/default/dhcp3-server...
    Starting DHCP server: dhcpd3 failed to start - check syslog for diagnostics.
    invoke-rc.d: initscript dhcp3-server, action "start" failed.

    Abaikan pesan error diatas karena konfigurasi dhcpd3 belum dilakukan
  2. Backup file konfigurasi dhcp3
    # cp /etc/dhcp3/dhcpd.conf /etc/dhcp3/dhcpd.conf_orig

    Biasakan untuk membackup file konfigurasi jika belum terbiasa melakukannya agar jika terjadi error bisa mengembalikan ke kondisi semula.
  3. Konfigurasi dhcp3
    # nano /etc/dhcp3/dhcpd.conf
    default-lease-time 43200;
    max-lease-time 86400;
    option subnet-mask 255.255.255.0;
    option broadcast-address 192.168.1.255;
    option routers 192.168.1.253;
    option domain-name-servers 192.168.1.253, 192.168.1.252;
    option domain-name "repositori.fui";

    subnet 192.168.1.0 netmask 255.255.255.0 {
    range 192.168.1.101 192.168.1.150;
    }
    Save keluar lalu restart service dhcp
    # /etc/init.d/dhcp3-server restart

    Yang perlu diperhatikan adalah waktu sewa/leases setiap ip addres yang diberikan oleh server.
    3600 = satu jam
    86400 = satu hari
    604800 = satu minggu
    2592000 = satu bulan (asumsi 30 hari)
    31536000 = satu tahun
  4. Pastikan daemon dhcp siap melayani permintaan dari client
    # netstat -uap
    Active Internet connections (servers and established)
    Proto Recv-Q Send-Q Local Address      Foreign Address      State     PID/Program name

    udp        0          0   *:bootps     *:*                            4143/dhcpd
  5. Monitoring distribusi ip address
    Lakukan disisi server dhcp
    # tail -f /var/lib/dhcp3/dhclient.*.leases
    Atau
    # tail -n 100 /var/log/syslog
  6. Testing DHCP Client
    Pastikan komputer client tidak sedang menggunakan ip statik. Restart komputer client atau eksekusi perintah dibawah agar mengirim permintaan ke server dhcp.
    $ sudo dhclient
Baca juga artikel Tentang Cara Membangun FTP Server dengan VSFTPD Ubuntu Server.

Sumber : Forum Ubuntu Indonesia

Description : Cara Membangun DHCP Server di Ubuntu Server » Rating : 5.0 » Reviewer : Roy » ItemReviewed : Cara Membangun DHCP Server di Ubuntu Server
Updated : 16.23

Ditulis Oleh : Muhammad Royani Hari : 16.23 Kategori:

Di Tulis Oleh : Roy Lokasi : /home/bekasi

Artikel Cara Membangun DHCP Server di Ubuntu Server, diterbitkan oleh Roy pada hari Rabu, 29 Agustus 2012. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Roy adalah seorang blogger pemula yang masih harus banyak belajar dan saya harap blog ini dapat bermanfaat bagi kawan-kawan sekalian. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Salam Blogger.

9 comments:

  1. nice post nih gan, makasih udah mampir blog saya kemarin2,, mau agan gimana ya? followback my blog ya gan http://denraypublog.blogspot.com :) .. salam blogger

    BalasHapus
  2. Iya gan sama-sama... blog saya baru dibuat 4 hari... mau blogwalking aja gan... sudah saya follow gan blog agan :D
    Thanks

    BalasHapus
  3. iya gan, btw agan tau caranya tembus website yang dibanned pake linux gak gan? mgkin ada nama softwarenya, sekarang saya memakai app freegate diwindows untk menembus web yang dibanned, saya sekarang berdomisili dichina gan, dan website seperti faceboo, youtube semua dibanned, saya sudah coba freegate diwine tapi gak bisa gan, OS linux saya LInux Mint 13 Cinnamon, mohon pencerahan gan.. salam

    BalasHapus
  4. Oh gtu, klo di linux coba pake your freedom gan atau tor, coba search di google cara installnya... Nah klo di windows coba pake ultrasurf, gpass, JAP, your freedom versi windows.
    Nah saya mau tahu deh dicina itu pakai proxy atau gmn yah? atau transparan proxy....

    BalasHapus
  5. Tunggu yah gan nanti saya bikin artikelnya :D

    BalasHapus
  6. oke gan, saya coba search.. saya pake internet LAN dari Asrama disni gan, bukan proxy..:)

    BalasHapus
  7. oke gan, saya udah search tapi masih rada bingung, linux memang agak ribet kalau sudah soal ginian gan, menurut saya..:) makasih banyak gan..:) Sukses selalu

    BalasHapus
  8. siap gan.. hehe, nanti saya bikinin artikelnya gan, ane usahain user friendly.. hehe, tunggu yah.... salam buat yang dicina... :D

    BalasHapus
  9. Sip gan, kabar - kabari ya gan.. hehehe.. thx before

    BalasHapus

Pengikut